PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MAPEL PILIHAN

Oleh : Agisty Daranti Sutrisno dan Bima Aditya

Pada tahun ajaran 2023-2024 sekolah mengadakan mapel pilihan, dan kami memilih matematika untuk menjadi mapel pilihan. Apa itu mapel pilihan? Mapel pilihan yaitu mata pelajaran tambahan yang diwajibkan untuk siswa kelas 11 yang dipilih sesuai keinginan masing masing. Mapel pilihan matematika merupakan salah satu mata pelajaran tambahan, ada juga mapel lainnya. Pada mapel pilihan matematika kami dibimbing langsung oleh Bapak Ahmad Fathoni Abas. S.Si.M.Pd selaku guru matematika dan Waka kurikulum. Mapel pilihan biasanya dilaksanakan setiap hari Jumat selama 4 jam pelajaran.

Di dalam mapel pilihan matematika ini, kami mempelajari tentang pemecahan masalah. Sebelum memikirkan pemecahan masalah, masalah adalah suatu pertanyaan yang penyelesaiannya berisi ide-ide atau konsep matematika dan tanpa menggunakan algoritma yang rutin. Adapun cara menyelesaikan masalah masalah tersebut dengan;

  1. Memahami Masalahnya

Kami harus dapat menentukan dengan tepat apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan.

  1. Merancang Cara Penyelesaian

Merancang cara penyelesaian dengan berbagai cara yang berkemungkinan bisa menyelesaikan masalah yang ada.

  1. Melaksanakan Rencana

menjalankan semua cara penyelesaian dengan cara coba-coba hingga menemukan jawaban yang sesuai.

  1. Menafsirkan Hasilnya

Pada langkah ini hasil yang didapatkan dicocokkan dengan yang diketahui. Jika cocok, maka hasil yang dicapai merupakan penyelesaian masalah tersebut. Jika tidak cocok atau tidak sesuai dengan maka hasil yang didapatkan bukan penyelesaian masalah tersebut. Karena hasil yang didapatkan cocok dengan yang diketahui dan ditanyakan, maka dapat disimpulkan bahwa penyelesaian tersebut merupakan penyelesaian yang benar.

Adapun contoh penyelesaian masalah ;

Diketahui persegi panjang ABCD. Pada AD Dibuat titik E sehingga AE = ED = 4 cm. Pada AB dibuat titik F sehingga AF = 6cm dan FB = 4cm. Tentukan luas segitiga CEF.

Cara menyelesaikan ;

  1. Menggambar sketsa Segitiga
  1. Cari luas persegi panjang

Luas pp = p x l

              = 10cm x 8cm

              = 80 cm2

  • Mencari luas segitiga 1

Ls¹ = ½ x a x t

Ls¹ = ½ x 4 x 8

Ls¹ = 16 cm2

  1. Mencari luas segitiga 2

Ls² = ½ x a x t

Ls² = ½ x 10 x 4

Ls² = 20 cm2

  1. Mencari luas segitiga 3

Ls³ = ½ x a x t

Ls³ = ½ x 6 x 4

Ls³ = 20 cm2

  1. Mencari luas segitiga yang CEF dengan cara mengurangi luas persegi panjang dengan jumlah luas segitiga 1, 2, 3.

Ls CEF = 80 cm2 – 16 cm2 – 20 cm2 – 12 cm2 = 32 cm2

Dengan demikian, ditemukan luas segitiga CEF adalah 32 cm2.

Biasanya setiap selesai mengerjakan tugas yang diberikan, sebelum kami kembali ke kelas masing-masing kami mengerjakan refleksi. Refleksi digunakan supaya menjadi timbal balik dari pelajaran yang didapatkan. Berikut contoh soal refleksi pada mapel pilihan matematika

  1. Apa yang saya pelajari pada mapel pilihan hari ini?
  2. Apa perasaan saya saat pelajaran dilakukan?
  3. Ilmu pelajaran apa yang saya dapatkan?
  4. Kedepannya, apa yang akan saya lakukan untuk memperbaiki kesalahan?

Setiap soal akan dijawab oleh masing-masing dari kami, lalu mengumpulkannya pada guru pembimbing untuk diperiksa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *