MENGAPA ANAK DARI KELUARGA MISKIN CENDERUNG AKAN TETAP MISKIN KETIKA DEWASA

(Sebuah renungan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW)

Oleh. Nurizatul Natasha Kelas XI AKL 2 SMKN Klakah

Disini saya akan menceritakan secara singkat mengenai pengalaman saya dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW (Maulid Nabi) di sekolah dengan semangat Ukhuwah Islamiyah bersama seluruh warga sekolah SMKN Klakah.

Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan sebuah perayaan yang diadakan oleh umat muslim untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi biasanya jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Biasanya umat muslim di berbagai daerah merayakan maulid nabi ini dengan mengadakan acara tasyakuran dan lain-lain, menyesuaikan pada tradisi di masing-masing daerah tersebut. Sama halnya seperti didaerah Klakah tepatnya di SMKN Klakah ini juga tak kalah antusias dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pada hari Selasa tepatnya pada tanggal 26 September 2023 kemarin, sekolah ikut serta dalam memeriahkan dengan mengadakan acara peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW bersama seluruh warga sekolah SMKN Klakah. Dimana rangkaian acara tersebut mencangkup atau meliputi istigasah bersama, pembacaan ayat suci alquran yang dibawakan oleh ustadz abu bakar, shalawatan bersama al-Banjari SMKN Klakah, sambutan dari kepala sekolah SMKN Klakah, serta materi ceramah yang disampaikan oleh motivator yaitu ustadz Mohammad Chudzil Chikmat.

Ustadz Mohammad Chudzil Chikmat menyampaikan beberapa materi, beliau telah banyak memberikan atau menyampaikan materi yaitu salah satunya mengenai pada suatu artikel yang menyatakan bahwa Mengapa Anak dari Keluarga Miskin Cenderung akan Tetap Miskin Ketika Dewasa: Penjelasan Temuan Riset Semeru. Dengan adanya artikel tersebut kemudian ditindak dengan melakukannya penelitian terhadap hal tersebut selama beberapa tahun belakangan dan pada akhirnya setelah melakukan penelitian diketahui bahwa mereka memiliki 6 alasan mengapa hal tersebut dapat terjadi.

6 alasan mengapa hal tersebut dapat terjadi yaitu diantaranya:

1.   Pola Asuh

2.   Pola Pikir

3.   Pola Keyakinan

4.   Akses Pendidikan yang dimiliki

5.   Jejaring

6.   Tingkat derajat yang dimiliki

Ustadz Mohammad Chudzil Chikmat juga menyampaikan bahwa dalam kehidupan nantinya ini akan terdapat tiga kepastian, namun bukan kepastian dimana semua makhluk hidup yang ada didunia ini akan meninggal dunia tepatnya kematian, terbit dan terbenamnya matahari maupun itu surga ataupun neraka, akan tetapi tiga kepastian tersebut ialah.

1.   Perubahan

Semua yang  ada didunia ini pasti  akan  mengalami perubahan.  Misalkan  seperti sekarang ini dimana sekarang sudah zamannya digital dan serba online.

2.   Prinsip

Kita semua harus mempunyai prinsip dalam menjalani kehidupan. Bagaimana prinsip dirimu apakah suatu saat ingin menjadi orang sukses apakah tidak.

3.    Ketersediaan Pilihan

Kita  harus  mempunyai  pilihan  dimana  dirimu  sendiri  nantinya  akan  milih  mau diarahkan kemana.

Ustadz Mohammad Chudzil Chikmat menyampaikan bahwasanya amalan yang sangat Allah cintai ialah. Yang pertama Shalat tepat waktu (tidak menunda-nunda shalat),yang kedua yaitu menghormati kedua orang tua (hendaknya kita tidak durhaka kepadanya dan mendoakan nya apabila telah wafat), dan yang terakhir adalah jihat fisabilillah (bersungguh-sungguh). Dan tak hanya itu saja materi yang disampaikan akan tetapi banyak lagi seperti Sholawat bersama, serta menonton cerita-cerita teladan yang sangat menginspirasi dan membuat beberapa Orang- orang disana menjadi terharu tak jarang pula mereka mengeluarkan air mata apalagi disaat moment penutupan acara dengan doa.

Saya sangat merasa senang selama acara memeriahkan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini dan bersyukur bisa dapat mendengarkan ceramah dari Ustadz Mohammad Chudzil Chikmat karena sangat menginspirasi dan menambah ilmu pengetahuan serta Ustadz Mohammad Chudzil Chikmat sangat seru dalam menyampaikan kan materi, dimana diselingi bercanda sehingga tidak membuat jenuh dan bosan apalagi di sesi dimana kita memegang bahu teman di samping kita sambil mengikuti ucapan yang diucapkan ustadz yaitu memberikan wejangan dan nasehat. Dan untuk SMKN Klakah saya berterimakasih telah mengadakan acara ini untuk memeriahkan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW, semoga lebih baik lagi dan sukses.

Sekian cerita singkat pengalaman saya dalam memeriahkan Maulid Nabi disekolah yang dapat saya sampaikan, Mohon maaf apabila ada salah kata yang saya ucapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.