Pelantikan dan Purana DA Gajahmada 028788

Gunung Bromo merupakan tempat yang indah untuk berwisata. Kita dimanjakan oleh pemandangan yang tak kalah menarik dengan keindahan alam lainnya. Ditambah lagi dengan suhu yang cukup dingin, apalagi kalau sudah malam hari, suhunya menjadi bertambah meningkat. Karena dinginnya udara, siap-siap deh, yang mau berkunjung ke Gunung Bromo harus pake jaket, terlebih lagi yang gak kuat dingin, harus jaket ekstra tebal dah. Suhu udara disini, rasanya nusuk sampai ke tulang, kalau gak kuat bisa-bisa kena hipotermia loh.

Sabtu, 9 Februari 2019, Pramuka SMKN Klakah, mengadakan kegiatan pelantikan DA dan Purna 2019. Di Gunung Bromo inilah, acara tersebut digelar. Sebelum pemberangkatan berlangsung, seluruh anggota cDA, DA maupun Purna DA tahun sebelumnya, berkumpul di sekolah pukul 08.00 WIB, untuk diberikan pengarahan oleh pembina Pramuka.

Persiapan pemberangkatan menuju Bromo, dipandu langsung oleh Kak Nuh, selaku salah satu pembina Pramuka. Semua barang-barang yang akan dibawa, langsung dimasukkan ke dalam kendaraan yang sudah disewa sebelumnya. Sekitar pukul 09.00 WIB, barulah mereka berangkat menuju ke lokasi yang telah ditentukan.

 

Dalam perjalanan, udaranya sangat panas. Begitu sampai diwilayah kawasan Gunung Bromo sekitar pukul 13.00, suhu udaranya berubah menjadi dingin, meskipun cuacanya cerah. Sesampainya dipenginapan, atau kerennya Home Sate (buat yang gak tau bahasa Inggrisnya Home Stay), mereka beristirahat sejenak untuk melepas penat, dengan menyantap bekal makan siang yang dibawa oleh masing-masing anak yang telah dipersiapkan sebelumnya.
Seusai makan siang, mereka pun langsung dikomando untuk mendirikan tenda masing-masing regu. Waktu yang diberikan juga tidak banyak, hanya 12 menit. Emang singkat, belom ngapa-ngapain udah suruh cepetan aje. Sabar.. sabar.. ini ujian..

 

Sekitar pukul 16.00 WIB, ada komando yang akan mengajak mereka semua untuk melakukan kegiatan di sebuah bukit yang dimanjakan dengan pemandangan yang cukup indah. Yaitu bukit yang tempatnya langsung dituruni asap kabut tebal yang berbau belerang, yang beebahaya juga bagi kesehatan. Kalau gak kuat pake masker dah, biar kagak sesak nafasnya ya.

 

Di bukit itu, diadakan kegiatan seperti Out Bond dan permainan lainnya yang bikin seru-seruan bareng, itung-itung sambil manasin badan biar keringetan gitu. Setelah memanaskan tubuh, seluruh anggota cDA, langsung dikumpulkan dan diberi pengarahan untuk mencari tanda jabatan mereka yang berupa sebuah pin, yang sebelumnya telah disebar di semak-semak belukar. Pin pertama kali langsung didapatkan oleh seorang Siswi. Kali pertama dia menemukan, dia langsung berteriak mengatakan sesuatu yang sudah diarahkan sebelumnya. Lalu disusul oleh anggota-anggota lainnya yang juga mencari pin tersebut.

Hingga tersisa 4 orang yang belum menemukan dimana pin tanda jabatannya itu diletakkan. Emang sedih sih ngeliatin mereka, tapi ya bagaimana lagi, udah takdir kali ya. Wajah mereka nampak sedih, kecewa, dan bahkan sampai ada yang menangis, karna jika tidak bisa menemukan pin itu, maka ke-4 orang ini tidak akan dilantik nantinya. Setelah waktu yang ditentukan telah habis, maka ke-4 orang ini langsung dikumpulkan, dan diberikan pengarahan. Disinilah, suasananya menjadi menegangkan. Terlebih lagi saat Kak Pembina mengatakan “Ya sudah, kalian di lantik tahun depan aja ya,”, hal ini membuat ke-4 orang itu menjadi bertambah sedih. Namun, mereka masih diberikan kesempatan untuk mencarinya, dan dengan gembiranya mereka langsung mengangguk mengiyakan kesempatan itu.

Berkat kegigihan, ketelitian, dan semangat mereka yang berkobar kayak api, akhirnya apa yang dicari-carinya ketemu juga. Dari kegiatan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa, kalau kita inginkan sesuatu, maka kita harus bersabar, kecepatan memang perlu, tetapi juga butuh ketelitian untuk mendapatkannya, dan tidak boleh mudah menyerah.

Seusainya kegiatan tersebut, masing-masing regu dikumpulkan, dan diberikan komando agar segera kembali menuju ke Home Sate, eeh Home Stay maksutnya, untuk segera ishoma (kalau gak tau, sebut aja istirahat, solat, makan gitu). Dengan antrian wudhu, sebagian regunya ada yang memasak makan malam. Air juga sangat minim sekali, jadi harus menghemat agar persediaan air tidak habis. Keburu mau mandi, lah wong airnya kayak air dari dalem kulkas hayoo, ya gak jadi mandi lah, mana lagi kan harus hemat air, jadi tidak usah mandi lantaran dinginnya minta ampun dah. Sekitar pukul 22.00 WIB, seluruh anggota mengadakan rapat Sidang Pleno yang membahas tentang Ketua DA pa dan pi. Semua anggota merasakan kedinginan yang luar biasa, karena mereka tidak pakai jaket, hanya baju pramuka lengkap tanpa kain penutup lagi, dikarenakan ini sidang resmi. Setelah sidang ditutup, semua anggota langsung kembali ketenda masing-masing untuk beristirahat dan mengumpulkan tenaga untuk hari esok. Minggu, 10 Februari 2019, sekitar pukul 03.00 dini hari, mereka dibangunkan untuk segera memasak sarapan pagi, dan mengambil air wudhu untuk sholat subuh, karena pagi ini pelantikan cDA, akan dilaksanakan di kawasan dekat kawah Bromo. Kira-kira mereka berangkat dari penginapan menuju ke kawah Bromo sekitar pukul 04.00 WIB. Lumayan cukup jauh perjalanan yang ditempuh. Selain jalan yang menurun, juga harus melawan dingin yang amat menusuk tulang bagi yang tidak memakai jaket ataupun penutup lainnya.

Sesampainya di Lautan Pasir, barulah terasa kalau rasanya berjalan menuju ke kawah itu jauh sekali. Nafas sampai tersenggal-senggal. Bahkan sampai ada yang pingsan lantaran tidak sarapan. Akhirnya, para lelaki pun langsung diarahkan untuk menggotongnya menuju puncak dengan menggunakan tandu yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Tapi kan gantian mikul tandunya, biar gak capek, anaknya orang suruh bawa beban layak gitu, ke puncak lagi, kalau udah gak sabar yang ngangkat, paling-paling udah dilempar ke jurang dia. Ya alhamdulillah mereka gak sejahat itu ya. Sesampainya mereka didekat anak tangga yang menuju ke atas kawah tersebut, mereka langsung mendakinya lagi, agar mereka tidak penasaran dengan bentuk kawah Gunung Bromo. Ada yang berswafoto disana, dengan ditemani pemandangan yang menakjubkan sekali. Woooowww indahnya!!… Masyaallah nikmat Allah mana lagi yang kalian dustakan. Setelah melepas penat, barulah mereka turun dan langsung melakukan pelantikan anggota DA yang baru. Denfan dilantiknya anggota cDA, maka seniornya telah menyandang nama purna DA (Dewan Ambalan deh kalau gak tau ya).

Proses pelantikan anggota DA yang baru telah usai, seluruh anggota dan pemdamping kembali ke penginapan untuk packing-packing barang bawaannya masing-masing. Setelah selesai nge-packing barang, mereka harus membersihkan tempat tersebut agar terlihat bersih seperti awal mereka datang ke Home Stay. Barang-barang pun di masukkan ke dalam kendaraan. Setelah selesai kegiatan tersebut, barulah mereka pulang menuju ke rumah masing-masing.

Penulis : Putri Laila & Quisha Aditya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *